Jumat, 04 Mei 2012

Serba Serbi Unik Gaya Hidup Korea

Annyeong.....
aku mau ngasih info buat kalian yang demen banget nih ama yang berbau korea...
bagi yang nggak suka yang berbau korea ya paling nggak tau ya...
cekidoot... ^_*

1. B-Boy Korea adalah B-Boy yang paling oke sedunia dan sering menangin pertandingan internasional. 
2. Korea termasuk negara dengan tingkat operasi plastik tertinggi sedunia. Sebagian besar artis nglakuinnya buat ngedapetin ‘kesempurnaan’.Believe it or not, hasilnya almost perfect. Bener-bener alami, makanya banyak orang-orang dari negara lain berburu ‘plastik’ di mari :).
3. Park Ji Sung bisa jadi one of thousand miracles dari Korea Selatan. Gelandang Manchester United ini ngasih kemenangan manis 2-0 di Piala Dunia 2010 ngelawan Yunani. Nggak cumantahun 2010 aja nih, pada taun 2002 dan 2006, dia juga jadi pemain kunci timnas Korsel. 
4. Amazing! Beberapa kebudayaan Korea masuk dalam World Heritage UNESCO, misalnya Kuil Haeinsa Janggyeongpanjeon (1995), tempat ibadah Jongmyo (1995), Gua Seokguram dan Kuil Bulguksa (1995), Kompleks Istana Changdeokgung (1997), Benteng Hwaseong (1997), dan Pulau vulkanik Jejudo dan pipa-pipa lavanya (2007).  
5. Tiga warisan budaya non-material Korea (2001) masuk jadi mahakarya Warisan Budaya Manusia oleh UNESCO yakni Jongmyo Jerye dan Jongmyo-jeryeak (ritus kerajaan untuk menghormati leluhur dan musik upacara), pansori (lagu-lagu kepahlawanan) serta Festival Gangneung Danoje. Awesome
6. Lotte World dan Seoul Land adalah taman bermain yang sering jadi tempatkongkow anak muda dan keluarga di Seoul. 
7. Orang Korea selalu menyapa dengan menengadahkan kepala ketika bertemu dengan orang lain. 
8. Anak-anak muda Korea seneng banget sama yang namanya kebersamaan. Demi kongkow aja, mereka rela pergi makan dan minum bersama. 
9. Memegang cuping telinga waktu tangan nyentuh benda panas. “Telinga adalah bagian tubuh dengan suhu paling rendah, so, wajar aja untuk menetralkannya dengan menyentuh cuping telinga,” kata Kim Geun Taek, dosen Fakultas Pertanian USU. 
10. Menjilat jari kemudian menyentuh hidung. Hmm… sebenernya rada geli juga dan nggak semua orang Korea ngelakuin ini. Ada yang buat sekadar fun dan joke sama teman mereka, ada juga faktor kebiasaan, ajaran dari orangtua bahwa untuk mengurangi kesemutan bisa dengan cara ini.
11. Berbicara dengan suara keras dan mulut ‘mencong-mencong’. “Sebenarnya kalau sedang ngomong biasa, yah biasa aja, kecuali kalau sedang marah atau emosi, suaranya jadi tinggi dengan ekspresi wajah marah,” kata Cho Won Dong, pendeta. 
12. Seollal, perayaan tahun baru Korea biasa diisi dengan bermain y utnori (traditional style board game ). 
13. Dokkaebi, serupa hantu dan para orangtua sering menakuti anak-anaknya dengan cerita ini. 
14. Gemar ngebangun rumah ngadep Selatan. Tanya kenapa. Arah Selatan katanya nerima sinar matahari lebih banyak ketimbang arah lain. Namun seiring dengan modernisasi, orang-orang Korea yang tinggal di apartemen nggak lagi merhatiin panduan ini. 
15. Hanbok, pakaian tradisional Korea, sampai sekarang masih sering digunakan saat syukuran, pertunjukan seni, ulang tahun pertama putra/putri seseorang atau saat usia mencapai 60 atau 70 tahun. 
16. Sumpit sama sendoknya dari tembaga. Zaman dulu masyarakat Korea menggunakan perkakas makan yang terbuat dari tembaga karena bahan tembaga dapat mendeteksi racun dengan berubah warna ketika menyentuh makanan yang mengandung racun.
17. Kimchi, sawi putih yang udah diasinkan terlebih dahulu. Orang Korea nggakbisa makan tanpa kimchi dan sop. 

nah...aku kasih segitu dulu yah...ntar ak kasih info2 menarik lagi seputar korea tentunya buat para pecinta korea...
makasih banget nih yang udah nengok blog'ku...
jangan lupa kritik sarannya yuaaa... ^_^
gumawo....


0 komentar:

Posting Komentar