Rabu, 11 Januari 2012

Es Krim Buatan Tangan Lebih Enak Ketimbang Buatan Mesin

Syapa yang nggak suka sama yang namanya es krim coba???
Dengan berbagai macam variasi es krim yang ada sekarang, anak kecil sampai dewasa bahkan sampe nenek2 kakek2 pun suka. (haahaa...)
Dengan banyaknya variasi es krim sekarang ini nih, hampir sebagian besar pembuatannya pake mesin. Padahal sebenernya nih, es krim yang dibuat secara manual yaitu menggunakan tangan tuh rasanya lebih lezat dibanding yang pake mesin loh...
Nggak percaya?? Nih simak deh infonya...^_^

ES Krim khas Indonesia, es dung dung, ternyata memiliki teknik pembuatan yang cukup unik. Es krim ini d
ibuat dengan bahan dasar santan, yang diaduk menggunakan tangan selama 6 hingga 8 jam.

"Teknik pembuatan dan bahan dasar es dung dung inilah yang membuatnya unik," tutur Chef Sandra Johan kepada okezone pada acara "Inspirasi Rasa Nusantara bersama Wall's Dung Dung" di Demang Restaurant & Coffee Lounge, Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Es dung dung ini zaman dahulu dibuat dalam sebuah ember kayu di atas es, yang kemudian dimasukkan santan dan bahan-bahan lainnya seperti alpukat, kelapa, atau kopyor sebagai rasa. Kemudian, bahan ini akan diaduk selama 6 hingga 8 jam dengan menggunakan tenaga manusia. Setelah itu, ditambahkan garam agar esnya tidak mudah cair.

Menurut Chef Sandra, pengadukan dengan cara manual inilah yang justru memperkaya rasa es krim tersebut. "Memang, sekarang es krim sudah dibuat menggunakan mesin, namun es krim dibuat dengan tangan memiliki rasa yang berbeda jauh dengan es krim buatan mesin," tuturnya.

Menurutnya, tekstur es krim lah yang membedakan es krim buatan tangan dengan es krim buatan mesin. Es krim buatan mesin memiliki hasil yang terlalu lembut sedangkan es krim yang diaduk dengan tangan memiliki tekstur-tekstur dari rasa yang ditambahkan, seperti potongan-potongan alpukat atau nangka.

"Orang juga lebih menyukai es krim yang bertekstur karena mereka suka sensasi crunchy saat memakan es krim tersebut," tambahnya.

Sementara untuk rasa buah, es dung dung dengan bahan dasar santan ini umumnya cocok dengan segala jenis buah-buahan lokal, sebut saja alpukat, nangka, dan pisang.

"Namun, sebaiknya tidak menggunakan buah-buahan yang terlalu berair seperti melon atau semangka karena rasanya kurang dapat berpadu," tutupnya.

Semoga bermanfaat infonya..Jangan lupa kritik sarannya ya? ^_^


#sumber : http://www.okefood.com/read/2012/01/10/299/554924/es-krim-racikan-tangan-lebih-lezat-ketimbang-mesin

0 komentar:

Posting Komentar