Sabtu, 31 Desember 2011

Bahan Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

slamat tahun baarrruuuu....^_^
udah lama ngga posting info baru di blog'ku jadi bingung mau posting apa,hahaaii
tapi tenang aja,,untuk mengawali tahun baru ini aku kasih tips menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi 5 bahan makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh kita.
di awal tahun ini pastinya nggak mau kan kalo daya tahan tubuh kita menurun, nggak asik banget rasanya ya??
haahhaa... maka dari itu nih aku kasih 5 bahan makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita, mau tau apa aja bahan makanan yang bisa ningkatin daya tahan tubuh kita??
let's check it...

1. Bawang Putih
    Banyak orang nggak suka sama yang namanya bawang putih, entah karna rasanya atau karna baunya, padahal nih ya..bawang putih tuh bisa ningkatin daya tahan tubuh kita sob. Mau tau kenapa? Karna bawang putih mengandung antifungal (anti jamur) dan antiseptik. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jika dikonsumsi mentah, bawang putih bisa memberikan perlindungan terhadap demam, batuk dan infeksi dada. Ini karena bawang putih mengandung vitamin C, B1 dan B6, mineral (fosfor dan zat besi) dan sulfoxide alliin yang yang dikenal sebagai agen anti-bakteri.

2. Ikan
    Kalian pada suka ikan??? Ikan apa yang kalin suka?? Hampir semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi karena banyak mengandung nutrisi untuk tubuh kita. Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, tuna sama macharel kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi yang satu ini merupakan komponen penting untuk memperkuat sistem imunitas. Makanan dengan asam lemak tak jenuh meningkatkan aktivitas phagocytes atau sel darah putih yang memusnahkan bakteri jahat yang bersarang dalam tubuh kita. Ikan yang mengandung omega-3 juga dapat melindungi kita dari infeksi. Maka dari itu perbanyaklah mengonsumsi ikan apalagi ikan yang banyak mengandung omega-3, dan sangat disarankan untuk anak-anak.

3. Buah dan Sayuran
    Udah jelas banget kalo buah dan syuran itu sangat baik untuk dikonsumsi, selain banyak mengandung berbagai vitamin juga banyak mengandung serat yang baik untuk tubuh kita. Selain itu buah dan sayur juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Karena mengandung banyak nutrisi yang sangat efektif menjaga daya tahan tubuh seperti vitamin C dan bioflaveniod. Vitamin C ini meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi. Buah dan sayuran juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dlam tubuh. Nggak cuman itu, dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, serta melindungi sel tubuh dari polutan yang merusak. Bagi kalian yang masih nggak suka sama buah dan sayuran, coba deh mulai sekarang mengonsumsi buah dan sayuran, karna sebenernya buah dan sayur itu rasanya enak lho..(itu sih menurutku,,hehehe..)

4. Kacang dan Biji-bijian
    Kacang dan biji-bijian ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah. Dua makanan ini kaya akan vitamin E yang juga membantu mendukung respon imunitas tubuh. Vitamin E juga menstimulasi produksi sel yang menyingkirkan bakteri dan sel kanker dalam tubuh. Kebutuhan vitamin E bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada pola dan gaya hidup. Orang yang jarang berolahraga, terbiasa mengonsumsi junk food atau merokok, disarankan mengonsumsi lebih dari 100-400 miligram vitamin E per hari.

5. Gandum Utuh
    Gandum merupakan salah satu bahan makanan pengganti nasi atau beras selain jagung. Gandum baik untuk dikonsumsi karena banyak mengandung serat, protein dan anti-oksidan. Banyak ahli diet yang mengklaim, gandum utuh punya kemampuan hebat dalam meningkatkan daya tahan tubuh seseorang jika dikonsumsi secara rutin.

Naahhh sekarang udah tau kan bahan makanan apa aja yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi sebaiknya mulai sekarang konsumsilah bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Agar daya tahan kita tetap terjaga kita juga jangan lupa menjaga pola makan kita.^_^

segitu dulu infonya..semoga bermanfaat..
*jangan lupa kritik dan sarannya..^_^

0 komentar:

Posting Komentar